tanpa harus menjual atau belanja bulanan

Sabtu, 31 Desember 2011

PERUBAHAN MEMBAWA KEMAJUAN

Kita tahu bahwa jika kita ingin maju maka kita harus berubah. Begitu pula dengan mahasiswa yang selalu mengatakan bahwa dirinya yang paling tahu dengan mahasiswa.Penerimaan mahasiswa baru akan dimulai, ada usulan perubahan yang ingin dilakukan. Universitas selalu memikirkan perubahan apa yang sebaiknya dilakukan, tetapi penolakan selalu terjadi.

Kita bisa melihat bahwa perubahan larangan merokok, pemberlakukan DO, dan lain sebagainya. Masih ingat di dalam benak saya, sekitar tahun 1998 kampus memperbolehkan orang merokok di dalam kampus, kemudian dibuat aturan larangan merokok. Sekelompok mahasiswa menolak dengan mengatakan mengganggu hak asasi dan lain sebagainnya. Kemudian Universitas bernegosiasi dan setuju untukmelonggarkan larangan tersebut. Memang perkembangan menjadi lambat, tetapi dengan ada perubahan dapat kita rasakan mahasiswa yang berada kemudian tahun merasakan betapa enaknya dengan adanya aturan tersebut.

Begitu pula pelaksanaan larangan Drop Out diperketat, sekelompok mahasiswa juga menolak dan mengatakan kasihan mereka yang terkena dampak. Padahal kalau dilihat yang menolak adalah orang-orang yang merasa terganggu, ada yang Indek Prestasi-nya kecil tetapi tidak merasa mau untuk berubah. Bisa dibayangkan jika tidak ada mahasiswa drop out, maka mahasiswa tersebut tidak belajar bagaimana beratnya hidup, bagaimana dia harus bertanggung jawab terhadap orang tua, terhadap dirinya sendiri dan lain-lain.

Sekelompok mahasiswa selalu menolak dan mendorong mahasiswa yang lain untuk ikut menolak perubahan ini. Memang cukup berat bagi Universitas melakukan negosiasi, dan perubahan tidak bisa dilakukan secara drastis, tetapi perlahan demi perlahan.

Begitu pula perubahan program-program penerimaan mahasiswa baru, sekelompok mahasiswa selalu enggan berubah dan mendorong kelompok lain untuk mengikuti pendirian mereka. Mereka sudah tahu dan merasakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun lalu, kegiatan yang lalu sudah baik. Mereka sudah merasakan dan tahu apa yang harus dilakukan mereka dalam rangka menerima mahasiswa baru tersebut.

Bill Gates melakukan perubahan dari Disk Operating System ke Windows dan akhirnya karena ide perubahan ini menyebabkan Teknologi Informasi menjadi maju cepat. Junaedi Yusuf (pemilik Konimex) melakukan perubahan obat tidak perlu beli dalam jumlah 12 biji, tetapi oleh beliau dibuat menjadi jumlah 4 biji. Sehingga menyebabkan perusahaan Konimex menjadi terkenal. 

Kita bisa juga melihat bahwa orang mudah menyontek apa yang kita kerjakan. Dan alhasil pekerjaan mereka menjadi lebih baik. Bagaimana jika kita tidak mau berubah dan tidak mau mencoba?

Memang perubahan tidak selalu mempunyai hasil baik, tetapi setidaknya jika orang mau berubah, maka kemajuan akan bisa terjadi, tetapi jika orang tidak mau berubah maka sudah dapat dipastikan tidak ada kemajuan.

Di sini kita bisa melihat bahwa dari mahasiswa saja sudah terlalu takut dengan adanya perubahan seperti di atas, apalagi di pemerintahan yang notabene jauh lebih besar dari universitas. Mahasiswa seperti ini menunjukkan bahwa mereka hanya mengotot bahwa mereka benar, padahal mereka terlalu nyaman pada lingkungan sekarang.

Akhir kata, saya hanya bisa menyarankan dan menghimbau kepada seluruh orang Beranilah untuk Berubah, karena Perubahan akan membawa Keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar